VMware vSAN 8.0 – Express Storage Architecture (ESA) dan Original Storage Architecture (OSA)

vmware 8

Dalam dunia teknologi informasi yang terus berkembang, VMware telah memperkenalkan vSAN 8.0 dengan dua arsitektur penyimpanan: Express Storage Architecture (ESA) dan Original Storage Architecture (OSA). Kedua arsitektur ini menawarkan solusi penyimpanan yang didefinisikan oleh perangkat lunak dengan pendekatan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang beragam.

Express Storage Architecture (ESA)

ESA adalah arsitektur penyimpanan baru yang diperkenalkan dalam vSAN 8.0. Arsitektur ini dirancang untuk memproses dan menyimpan data dengan tingkat efisiensi, skalabilitas, dan performa yang baru. ESA dioptimalkan untuk memanfaatkan sepenuhnya kemampuan perangkat keras terbaru, terutama perangkat NVMe berbasis TLC flash yang berkinerja tinggi. ESA menggunakan sistem file terstruktur log baru yang memungkinkan kluster untuk menyimpan data menggunakan RAID-6 dengan performa setara RAID-1.

Manfaat ESA:

  • Kinerja Lebih Baik: Perangkat flash NVMe berbasis TLC menawarkan kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan drive tradisional SAS/SATA. Dengan mengadopsi ESA, organisasi dapat memanfaatkan kinerja yang ditingkatkan ini, menghasilkan pengurangan laten, akses data yang lebih cepat, dan respons aplikasi yang lebih baik.
  • Skalabilitas yang Meningkat: ESA menyediakan skalabilitas yang ditingkatkan, memungkinkan organisasi untuk menyesuaikan beban kerja data yang bertumbuh dan dengan mudah memperluas kapasitas penyimpanan mereka. Fleksibilitas bawaan ESA memastikan bahwa bisnis dapat meningkatkan infrastruktur penyimpanan mereka sesuai dengan kebutuhan mereka, tanpa mengalami bottleneck atau degradasi kinerja.
  • Efisiensi yang Ditingkatkan: Desain yang dioptimalkan dari ESA mengurangi konsumsi sumber daya, menghasilkan efisiensi yang ditingkatkan dan biaya operasional yang lebih rendah. Dengan memanfaatkan kemampuan teknologi NVMe, ESA memungkinkan organisasi untuk mencapai penggunaan penyimpanan yang lebih tinggi dan penggunaan sumber daya secara keseluruhan yang lebih baik.
  • Perlindungan Data yang Ditingkatkan: ESA menawarkan fitur perlindungan data canggih, termasuk checksum dan mekanisme koreksi kesalahan, yang memastikan integritas dan keandalan data. Dengan kombinasi perangkat flash NVMe dan ESA, organisasi dapat meningkatkan strategi perlindungan data mereka dan mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan data.
  • Manajemen yang Disederhanakan: ESA terintegrasi dengan platform vSphere dari VMware, menyediakan antarmuka manajemen yang terpadu. Integrasi ini memungkinkan organisasi untuk mengelola infrastruktur penyimpanan mereka dengan lebih efisien, dengan fitur seperti pemantauan terpusat, penyediaan otomatis, dan pemecahan masalah yang disederhanakan.
See also  Solusi Cloud untuk DRC Data Center

Original Storage Architecture (OSA)

OSA adalah arsitektur penyimpanan yang telah ada sejak awal vSAN dan terus dikembangkan hingga vSAN 8.0. Arsitektur ini menggunakan pendekatan dua lapisan yang dirancang untuk menampung berbagai perangkat penyimpanan lama, sementara ESA adalah arsitektur satu lapisan yang dioptimalkan untuk perangkat NVMe berkinerja tinggi. OSA di vSAN 8 meningkatkan kapasitas buffer penulisan hingga 1.6TB, yang hampir tiga kali lipat kapasitas buffer efektif melalui peningkatan perangkat lunak.

Perbandingan ESA dan OSA

ESA menawarkan tingkat performa, skalabilitas, ketahanan, dan layanan data yang lebih tinggi tanpa mengorbankan performa. Ini membuka kemampuan perangkat keras modern untuk memungkinkan beban kerja saat ini dan masa depan berperforma sesuai dengan kemampuan perangkat keras. Sementara itu, OSA masih akan didukung selama bertahun-tahun yang akan datang dan dapat digunakan berdampingan dengan ESA.

VMware vSAN 8.0 dengan ESA dan OSA memberikan pilihan arsitektur penyimpanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik organisasi. ESA mewakili langkah besar dalam kemampuan solusi vSAN, sementara OSA terus memberikan dukungan bagi infrastruktur yang ada. Kedua arsitektur ini memungkinkan organisasi untuk memodernisasi pusat data mereka dan mempersiapkan diri untuk tantangan teknologi masa depan.

Meskipun OSA telah menjadi arsitektur penyimpanan yang andal dan terbukti untuk vSAN, namun tidak dioptimalkan sepenuhnya untuk memanfaatkan manfaat dari perangkat flash NVMe. Berikut perbandingan antara dua arsitektur tersebut:

  • Kinerja: ESA memberikan kinerja yang secara signifikan lebih baik karena keunggulan bawaan dari perangkat flash NVMe berbasis TLC. OSA, di sisi lain, mungkin tidak sepenuhnya memanfaatkan kemampuan teknologi NVMe modern, yang dapat mengakibatkan kinerja yang kurang optimal.
  • Skalabilitas: ESA menawarkan skalabilitas yang ditingkatkan, memungkinkan organisasi untuk dengan mudah menyesuaikan infrastruktur penyimpanan mereka seiring dengan perkembangan kebutuhan mereka. OSA mungkin menghadapi batasan dalam hal peningkatan skalabilitas atau menampung beban kerja yang bertumbuh.
  • Efisiensi: ESA memberikan pemanfaatan sumber daya yang lebih baik dan efisiensi yang ditingkatkan, menghasilkan penghematan biaya bagi organisasi. OSA mungkin mengkonsumsi lebih banyak sumber daya dan mungkin tidak memberikan tingkat efisiensi yang sama.
  • Perlindungan Data: ESA mencakup mekanisme perlindungan data canggih, memastikan integritas dan keandalan data yang disimpan. Meskipun OSA juga menyediakan fitur perlindungan data, tingkat perlindungan mungkin tidak seadvanced yang ditawarkan oleh ESA.
  • Manajemen: ESA terintegrasi secara mulus dengan platform vSphere dari VMware, memungkinkan organisasi untuk mengelola infrastruktur penyimpanan mereka dengan lebih efisien. OSA, sebagai arsitektur yang lebih tua, mungkin kurang memiliki beberapa fitur manajemen canggih yang tersedia dalam ESA.
See also  What is a SAN (Storage Area Network)?

Artikel ini memberikan gambaran tentang dua arsitektur penyimpanan yang ditawarkan oleh VMware vSAN 8.0 dan bagaimana masing-masing dapat memberikan manfaat bagi infrastruktur Teknologi Informasi. Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Visiniaga. (JB)

References:

https://blogs.vmware.com/virtualblocks/2022/08/30/announcing-vsan-8-with-vsan-express-storage-architecture/ 
https://www.linkedin.com/pulse/vmwares-vsan-80-introducing-express-storage-esa-original-mladen-komac/

Artikel dengan judul yang sama telah tayang di https://www.visiniaga.com/blog/our-blog-1/vmware-vsan-8-0-120#